Arti Kartu Tarot The Devil – Sang Iblis

Arti Kartu Tarot The Devil – Sang Iblis

arti kartu tarot the devil

The Devil / Sang Iblis

Kata Kunci

Tegak:

Bayangan, candu, larangan, godaan, obsesi, penindasan, ketidakberdayaan, keterbatasan

Terbalik:

Kebebasan, pencerahan, pelepasan hal yang mengganjal, mendapat kendali kembali, kemandirian

Deskripsi berdasarkan kartu Waite-Smith

Kartu Sang Iblis tergambar dalam wujud Baphomet, yaitu makhluk setengah manusia dan setengah kambing. Pada awalnya, makhluk ini melambangkan keseimbangan antara kebaikan dan keburukan, atau manusia dan binatang. Namun, dalam perkembangan sejarah, makhluk ini menjadi kambing hitam atas segala hal yang disebut “jahat”. Dalam kartu ini, sang Iblis menggambarkan rasa terperangkap jika kita hanya fokus pada godaan saja. Sosok laki-laki dan wanita di bawahnya seakan tidak berdaya. Karena terlalu lama terpengaruh dengan sang Iblis, keduanya menjadi mirip dengannya.

Namun, perhatikanlah bahwa rantai yang mengikat keduanya sangat longgar. Kedua sosok tersebut dapat pergi dengan mudahnya jika mereka berniat. Jika kartu ini muncul dalam tebaran kartu, sebetulnya kita tidak perlu takut. Ini hanyalah peringatan untuk memperbaiki keadaan kita dari hal-hal yang membuat kita tidak bisa menjadi yang terbaik.

Kartu The Devil berada di nomor 15 dalam Arkana Major.

Arti Kartu Tarot The Devil upright / Sang Iblis tegak

Kartu Iblis tegak menggambarkan sisi gelap atau kekuatan negatif yang terlalu kuat yang membuat kita sulit menjalani hidup. Hal ini tidak berarti bersifat mistis. Bisa saja kita memiliki kebiasaan buruk, ketergantungan, pikiran negatif, atau hubungan yang sulit. Keadaan ini membuat kita terjebak untuk fokus mencari kesenangan jangka pendek saja yang membuat kita lupa akan konsekuensi jangka panjangnya. Kita perlu menyadari akan perilaku atau keadaan yang sebelumnya kita tidak ketahui atau sadari supaya kita dapat mengendalikan diri sendiri.

Kita perlu sadar bahwa sebenarnya kita memiliki kekuatan dari dalam diri untuk mengubah pola negatif dalam kehidupan kita. Kartu ini menjadi pengingat bahwa rantai yang mengikat kedua sosok tersebut sangatlah longgar, yaitu kita selalu dapat melepaskan diri dari belenggu negatif. Pada awalnya, mungkin sulit untuk mengubah cara hidup karena kebiasaan telah membentuk kehidupan kita. Dengan mencoba untuk berubah, kita akan menjalani kehidupan baru yang belum pernah kita rasakan sebelumnya.

Namun terkadang, tanpa sadar kita takut untuk menghadapi ketidaktahuan sehingga kita tidak ingin mengubah hidup kita, walaupun kita terperangkap dalam kebiasaan buruk. Hal ini sebenarnya normal karena pada dasarnya kita ingin mencari kenyamanan. Namun ketakutan ini menjadi tidak rasional karena hal ini dapat membutakan kita untuk mendapatkan manfaat di jangka panjang. Maka, kita perlu membuka mata dan melihat diri kita dari sudut pandang yang berbeda. Cobalah untuk mengubah pola pikir dan bersikap bertanggung jawab pada diri sendiri.

Arti Kartu The Devil tegak dalam hubungan

Dalam hubungan, Kartu Sang Iblis mengingatkan tentang nafsu atau godaan. Pada dasarnya, nafsu adalah salah satu sifat alami manusia. Namun terdapat perbedaan antara ketertarikan dengan nafsu. Tentu, jika kita menemukan orang yang tepat, kita bisa sangat berhasrat dan bergairah untuk bersama dengan orang tersebut. Namun kartu Sang Iblis mengingatkan bahwa pada dasarnya kita dapat mengontrol hawa nafsu. Karena pada dasarnya hawa nafsu tidaklah menentukan diri kita.

Di sisi lain, kartu Sang Iblis mengingatkan untuk tidak terobsesi secara buta pada orang lain. Karena obsesi dapat membutakan kita untuk melakukan hal yang tidak lumrah. Selain itu, kartu Sang Iblis juga mengingatkan untuk tidak memanipulasi orang lain demi kepentingan sendiri, karena jika demikian maka hubungan yang ada menjadi tidak tulus dan bisa saling melukai. Jika kamu berada dalam kondisi sebaliknya, maka Sang Iblis mengingatkan untuk melepaskan hubungan yang toksik. Rantai yang terikat pada kedua insan tersebut sebenarnya cukup longgar. Jika kita berusaha dengan gigih, maka dapat merubah hubungan kita menjadi lebih baik.

Arti Kartu The Devil tegak dalam bisnis dan karir

Sang Iblis mengingatkan untuk tidak termakan nafsu dan terbutakan atas uang, harta, atau jabatan. Kita perlu berhati-hati jika terdapat prospek yang terlihat sangat menguntungkan, apalagi jika terdapat janji-janji manis atau hal-hal yang terlihat seperti mimpi. Pada dasarnya, tidak ada yang gratis dalam kehidupan, termasuk bisnis atau karir. Jika suatu hal terlihat terlalu bagus, maka bisa jadi ada hal-hal yang perlu dikorbankan. Atau bisa jadi terdapat kerugian yang tidak kita duga sebelumnya. Kita perlu berpikir kritis dan melepaskan diri dari hasrat atau hawa nafsu semata. Kartu Sang Iblis mengingatkan untuk berfokus pada keberlanjutan jangka panjang alih-alih keuntungan jangka pendek. Luangkanlah waktu untuk berpikir terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Arti Kartu The Devil tegak dalam kesehatan dan pengembangan diri

Kartu Sang Iblis mengingatkan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang merusak diri sendiri. Namun seringkali kita tidak sadar akan kebiasaan buruk yang kita lakukan karena bisa jadi kita sudah terbiasa dengan keadaan tersebut. Jika terbiasa, maka biasanya kita akan sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk atau adiksi yang merusak kesehatan fisik dan mental. Sang Iblis mengajak untuk menghentikan adiksi dan mulai untuk melakukan perubahan. Perlu diketahui bahwa setiap hal dapat menjadi adiksi, tidak hanya rokok atau zat adiktif, namun juga seperti makanan, cinta, obsesi, atau pekerjaan. Jika terdapat adiksi yang sulit untuk dirubah, kamu dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan professional. Pada dasarnya, kita dapat merubah diri sendiri jika kita mau mengakui keadaan, percaya pada kemampuan diri, dan berusaha berubah sedikit demi sedikit.

Arti Kartu Tarot The Devil reversed / Sang Iblis terbalik

arti kartu tarot the devil

Ketika muncul terbalik, kartu Sang Iblis menggambarkan kondisi kesadaran atau pencerahan. Kita dapat meningkatkan keadaan diri sendiri, namun pertama-tama kita perlu meninggalkan segala ikatan tidak sehat yang menghambat kita. Misalnya kebiasaan buruk, hubungan tidak sehat, atau pikiran sinis. Kita perlu mengatasi bayang-bayang buruk atau ketakutan yang ada. Dengan menyadari elemen negatif yang ada, kita dapat melakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Kartu sang Iblis terbalik mengingatkan bahwa sebenarnya kita memiliki kemampuan untuk memperbaiki keadaan. Kita perlu mencoba untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menunjukkan kemampuan yang kita miliki. Kita mampu untuk merubah masa lalu dan meninggalkan kebiasaan buruk. Yang penting adalah kita memiliki niat yang baik, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Kita pun perlu mencoba memulai kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kualitas hidup, seperti makan sehat, berolahraga, tidur teratur, dan peduli dengan keadaan sekitar.

Arti Kartu The Devil terbalik dalam hubungan

Kartu Sang Iblis terbalik mengingatkan kita untuk merubah dinamika hubungan yang tidak sehat atau toksik dengan orang lain. Bisa jadi kita tidak sadar jika terdapat dinamika hubungan yang tidak seimbang. Kartu Sang Iblis juga mengingatkan untuk waspada akan hubungan yang terlalu mendominasi atau mengontrol, baik dari orang lain atau diri sendiri. Namun pada dasarnya, tidak ada orang yang sepenuhnya buruk. Suatu hubungan dapat menjadi toksik jika terdapat orang yang bertemu dengan orang yang tidak tepat atau banyak ketidakcocokan, layaknya minyak dan air. Bisa jadi, orang tersebut atau kamu sendiri menjadi baik pada orang yang berbeda. Dan perlu disadari bahwa hal tersebut adalah normal dan merupakan sifat alami manusia. Namun jika kamu ingin mempertahankan atau memperbaiki hubungan, cobalah untuk mencari pihak ketiga atau penengah yang netral atau professional, yaitu orang yang dapat menilai hubungan kamu dengan seimbang dan memberi saran yang saling membangun.

Arti Kartu The Devil terbalik dalam bisnis dan karir

Ketika terbalik, maka Sang Iblis menceritakan mengenai kemampuan untuk berpikir yang bijak tanpa terjebak dengan godaan. Jika kita mengutamakan keberlanjutan jangka panjang, maka kita tidak akan tergoda dengan skema keuntungan cepat yang tidak jelas juntrungannya. Janganlah tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, terutama keputusan yang berdampak pada karir jangka panjang. Kita perlu membuat kondisi emosional kita baik terlebih dahulu saat mengambil keputusan. Pada dasarnya, setiap pekerjaan selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan melepaskan godaan atau hawa nafsu, kita akan terhindar dari kerugian atau risiko yang tidak perlu.

Arti Kartu The Devil terbalik dalam kesehatan dan pengembangan diri

Kartu Sang Iblis terbalik merupakan kartu tentang kesadaran dari kecanduan, godaan, atau hal-hal yang bersifat hawa nafsu. Jika kita sadar akan diri sendiri, maka kita tidak akan terjebak pada kebiasaan buruk atau gaya hidup yang merusak diri. Tentu, tidak mudah untuk merubah kebiasaan apalagi jika kita telah lama melakukannya. Namun pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berubah. Cobalah untuk berubah sedikit demi sedikit. Ketika kita merubah kebiasaan buruk atau menghentikan adiksi, maka hidup kita akan berubah pada arah yang lebih baik. Kita akan melihat sisi kehidupan yang lain yang sebelumnya tidak kita ketahui atau tidak rasakan. Jika kita sadar dan melepaskan gaya hidup yang buruk, kita akan mendapatkan kehidupan yang lebih berwarna dan lebih berarti.

Selanjutnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page