Arti Kartu Tarot The Hermit – Sang Pertapa

Arti Kartu Tarot The Hermit – Sang Pertapa

arti kartu tarot the hermit

The Hermit / Sang Pertapa

Kata Kunci

Tegak:

Pencarian jati diri, introspeksi, kontemplasi, bersemedi, ketenangan sendiri

Terbalik:

Kesepian, terasing, anti-sosial, penolakan diri, kembali bersosialisasi

Deskripsi berdasarkan kartu Waite-Smith

Sang Pertapa berdiri sendiri di atas puncak gunung. Dia memilih jalan ini untuk menemukan jati diri dan mencapai tingkat kesadaran spirtual yang tinggi. Hamparan gunung bersalju menggambarkan pencapaian spiritualnya. Tongkat panjang di tangan kirinya menggambarkan kekuatan yang menjadi panduan dan keseimbangkan dirinya. Di tangan kanannya, terdapat lentera yang menggambarkan kebijaksanaan. Lentera ini menerangi jalannya untuk beberapa langkah kedepan. Namun, lentera tersebut tidak dapat menerangi seluruh jalan. Maka, sang Pertapa perlu berjalan maju untuk mengetahui langkah selanjutnya. Sang Pertapa membutuhkan waktu untuk melihat semuanya dengan satu per satu.

Kartu The Hermit berada di nomor 9 dalam Arkana Major.

Arti Kartu Tarot The Hermit upright / Sang Pertapa tegak

Kartu Sang Pertapa tegak merupakan kartu tentang instrospeksi dan refleksi diri. Ada waktunya kita perlu untuk menarik diri dan berisitrahat sejenak dari kehidupan sehari-hari untuk mendengarkan suara hati kita dan jawaban yang kita cari. Sejatinya, jawaban tersebut sudah ada dari dalam diri, namun hal ini bisa diketahui jika tidak ada gangguan atau distraksi dari dunia luar. Kartu ini mempertanyakan apakah kita hanya mengikuti arus atau keinginan orang lain hingga kita kehilangan arah. Kita perlu mengetahui jati diri dan prinsip yang kita yakini.

Namun, seringkali kita tidak akan langsung mengetahui semua hal yang kita perlukan. Pencarian jati diri membutuhkan waktu dan proses, apalagi jika kita sedang berada dalam kondisi yang berubah. Kita dapat mencari mentor atau guru untuk belajar, namun mentor yang baik akan selalu menyarankan untuk mencari jawaban dari dalam dirimu. Selain itu, kartu ini mengingatkan untuk menjadi diri sendiri. Sekali-kali, kita perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri, misalnya melakukan hobi atau kegiatan yang kita sukai.

Arti Kartu The Hermit tegak dalam hubungan

Kartu Pertapa merupakan kartu tentang pencarian jati diri. Sejatinya, kita perlu mengenali diri sendiri terlebih dahulu sebelum menerima orang lain apa adanya. Dengan mengetahui apa tujuan hidup dan apa yang kita inginkan, maka kita dapat menentukan dengan siapa kita dapat berhubungan. Pada dasarnya, terdapat perbedaan antara sedang sendiri dan merasa kesepian. Kesepian dapat menyerang siapapun dimanapun, walaupun jika kita bersama orang lain. Dan sebaliknya, kita tetap dapat merasa bahagia walaupun jika kita sedang sendiri. Jika kita menikmati waktu luang kita sendiri, maka kita tidak akan merasa kesepian. Maka dari itu, penting untuk memahami kondisi diri sendiri terlebih dahulu agar kita tetap bahagia baik jika kita sedang sendiri ataupun bersama orang lain.

Arti Kartu The Hermit tegak dalam bisnis dan karir

Kartu Pertapa mengingatkan untuk berpikir dengan lebih jernih dan berhati-hati. Pada hakikatnya, tidak semua pekerjaan perlu diselesaikan secara buru-buru. Selain itu, tidak semua keputusan perlu diambil secara mendadak. Cobalah untuk meluangkan waktu yang cukup banyak untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan. Terkadang kita perlu bekerja sendiri dengan fokus agar kita dapat bekerja dengan lebih teliti dan sempurna. Jangan biarkan orang lain mengganggu pekerjaan kita karena pada dasarnya kita perlu fokus pada kewajiban kita sendiri terlebih dahulu. Barulah setelahnya jika pekerjaan kita telah selesai, kita dapat membantu orang lain dengan lebih baik dan tanpa rasa khawatir. Kartu Pertapa juga meningatkan untuk bekerja sesuai dengan kata hati dan tidak hanya mengejar uang saja. Karena jika kita melakukan pekerjaan yang sesuai dengan nilai yang kita yakini, maka pekerjaan kita akan lebih berarti.

Arti Kartu The Hermit tegak dalam kesehatan dan pengembangan diri

Kita perlu sadar akan keadaan fisik dan mental agar kita dapat menjalani kehidupan dengan lebih bermakna. Kartu Pertapa mengajak kita untuk mencari jati diri dan jalan hidup yang sesuai dengan kebutuhan kita. Terkadang kita tidak sadar tentang apa yang sebenarnya kita butuhkan karena tanpa sadar kita sering dibombardir oleh ide atau pemikiran dari orang lain, misalnya dari lingkungan atau media sosial. Namun jika kita mencoba untuk merenung sendiri, bisa jadi kita memiliki prinsip atau pemikiran yang berbeda dengan khalayak umum. Seperti lentera yang dipegang Sang Pertapa, sejatinya kita selalu memiliki cahaya dari dalam diri yang menuntun kita dalam menjalani kehidupan. Kartu Pertapa mengajak untuk meluangkan waktu sendiri untuk belajar atau mencari pencerahan tanpa gangguan dari orang lain atau faktor eksternal.

Arti Kartu Tarot The Hermit reversed / Sang Pertapa terbalik

arti kartu tarot the hermit

Kartu Sang Pertapa terbalik mengingatkan kita untuk menyeimbangkan prinsip hidup kita dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Kartu ini dapat menggambarkan beberapa hal, bisa jadi adanya kekurangan atas refleksi diri atau terlalu menarik diri. Kurangnya refleksi diri akan membuat kita hilang arah dan bingung dalam menjalani kehidupan. Jika ini terjadi, maka kita perlu meluangkan cukup waktu bagi diri sendiri. Namun jangan sampai kita menarik diri hingga merasa kesepian. Rasa kesepian dapat muncul jika kita tidak merasa nyaman akan diri sendiri. Tapi jika kita melakukan aktivitas yang kita sukai, maka kita tidak akan merasa kesepian dalam kesendirian. Yang ada, kita akan merasa nyaman dengan diri sendiri.

Pada hakikatnya, menyendiri tidak sama dengan merasa kesepian. Kesepian juga bisa terjadi jika kita mengasingkan diri dan menolak orang lain. Sang Pertapa terbalik mengingatkan bahwa jangan sampai ajang pencarian jati diri menjadi alasan untuk menarik diri dari orang lain. Karena pada dasarnya terdapat nilai-nilai yang baik untuk tetap terhubung dan bersilaturahmi dengan orang lain. Kita juga perlu menjaga tali silaturahmi karena kita pun tetap membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bisa jadi, terdapat orang lain yang senang dengan keberadaan kamu dan membutuhkan kamu.

Arti Kartu The Hermit terbalik dalam hubungan

Manusia adalah makhluk sosial. Karena itu, kartu Pertapa terbalik mengingatkan untuk kembali bersosialisasi dan menyadari pentingnya akan berhubungan dengan orang lain. Walaupun penting untuk memiliki waktu me-time, namun kita pun perlu menyeimbangkan faktor sosial dalam kehidupan kita. Namun, Sang Pertapa juga meningatkan untuk menghindari orang-orang yang membuat kita terluka, sakit, atau merasa tidak nyaman. Memang bisa saja mereka tidak sadar dalam melakukannya, namun kita tidak perlu membiarkan diri kita berada pada hubungan yang tidak sehat. Kartu Pertapa mengingatkan untuk memilah hubungan mana yang dapat dipertahankan dan mana yang perlu ditinggalkan. Pada akhirnya, kita perlu memutuskan mana hubungan yang baik dan berarti bagi kehidupan kita.

Arti Kartu The Hermit terbalik dalam bisnis dan karir

Kartu Pertapa terbalik mengingatkan untuk kembali membangun relasi dan hubungan dengan partner atau rekan kerja. Pada dasarnya, kita membutuhkan orang lain dalam melakukan kerjasama bisnis. Namun kita pun perlu menghindari pihak-pihak yang merugikan kita. Sang Pertapa mengingatkan untuk berhati-hati atas hubungan dengan rekan kerja karena pada dasarnya terdapat dampak ekonomis yang muncul dari setiap hubungan pekerjaan. Kita perlu memilih mana kerjasama yang baik dan membangun bagi kedua belah pihak.

Arti Kartu The Hermit terbalik dalam kesehatan dan pengembangan diri

Kartu Pertapa mengingatkan untuk menyembuhkan luka masa lalu, terutama yang menghambat kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Seringkali kita tidak sadar akan pola pikir negatif yang menurunkan kepercayaan diri dan harapan kita sendiri. Kita dapat sadar akan pola pikir tersebut jika kita meluangkan waktu untuk diri sendiri. Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan konselor atau mentor yang dapat membantu kita untuk melakukan refleksi diri. Sejatinya, Sang Pertapa adalah tentang refleksi dan instropeksi diri. Kenalilah apa yang sebenarnya kamu butuhkan dalam menjalani kehidupan. Dengan mengenali diri sendiri, maka kita bisa menemukan potensi diri dan harapan untuk membangun kehidupan yang lebih berarti bagi diri sendiri.

Selanjutnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page